Bauran Pemasaran Jasa


Jasa merupakan aktivitas atau manfaat yang  dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepihak lainnya dan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan. Kotler (2009:15) mengatakan bahwa definisi dari bauran pemasaran (Marketing Mix)  sebagai berikut : “ Marketing Mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objective in the target market”. Bauran pemasaran adalah sekumpulan alat pemasaran (Marketing Mix)  yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya dalam pasar sasaran. Kotler (2009:15). English Service Program (ESP) di RRI Pro2 FM Bandung merupakan salah satu bentuk jasa yang ditawarkan kepada para pendengarnya dimana program yang ditawarkan tidak mengakibatkan perpindahan kepemilikan.

Pendapat ahli lain Lupiyoadi (2011:70) mengatakan  bahwa bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan alat bagi pemasar  yang terdiri dari atas berbagai unsur suatu program pemasaran dan positioning yang ditetapkan dapat berjalan sukses. Bauran pemasaran produk barang yang kita kenal selama ini berbeda dengan bauran pemasaran untuk produk jasa. Hal ini terkait dengan perbedaan karakteristik jasa dan barang. Bauran pemasaran produk barang mencakup 4 P. Product, price, place dan promotion. Sedangkan untuk jasa keempat hal tersebut masih dirasa kurang mencukupi. Para pakar pemasaran menambahkan tiga unsur lagi yaitu people, process, dan customer service. Ketiga hal ini terkait dengan sifat jasa dimana tahapan operasi hingga konsumsi merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan serta mengikutsertakan konsumen dan pemberi jasa secara langsung. Dengan kata lain terjadi interaksi langsung antara keduanya. Meskipun tidak semua jenis jasa. Sebagai suatu bauran, unsur unsur tersebut saling mempengaruhi satu sama lain sehingga bila salah satu tidak tepat pengorganisasiannya akan mempengaruhi strategi pemasaran secara keseluruhan.

Dengan demikian unsur bauran pemasaran jasa terdiri atas tujuh hal sebagai berikut :
Product / Produk : Jasa seperti apa yang ditawarkan
Price / Harga : Bagaimana strategi penentuan harga
Promotion /Promosi : Bagaimana promosi yang harus dilakukan
Place / Tempat : Bagaimana system penyampaian jasa yang diterapkan
People / Orang : Jenis kualitas dan kuantitas orang yang akan terlibat dalam pemberian jasa
Process / Proses : Bagaimana proses dalam operasi jasa tersebut.
Customer Service / Layanan Konsumen : Tingkat jasa yang bagaimana yang harus diberikan kepada konsumen. Lupiyodi (2011: 70).

Definisi lain dari bauran pemasaran jasa adalah sebagai berikut : “Marketing mix defined as the element an organization controls that can be used to statisfy or communicate with customer. These element appear as core decisions variabels in any marketing text or marketing plan” Zeithaml and Bitner (2001:18). Dalam hal ini berarti bauran pemasaran jasa adalah elemen-elemen organisasi perusahaan dalam melakukan komunikasi dengan konsumen dan akan dipakai untuk memuaskan konsumen.
Berdasarkan definisi definisi tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa (Marketing Mix) merupakan unsur unsur pemasaran yang saling terkait, dibaurkan, diorganisir dan digunakan dengan tepat sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran dengan efektif, sekaligus memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen.    

2.2. Bauran Promosi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas mengenai pemasaran jasa Program Off Air English Service Prgram (ESP) di  RRI Pro 2 FM Bandung memerlukan cara untuk mengkomunikasikan jasanya kepada para pendengar dengan menggunakan alat-alat promosi atau bauran promosi adapun perangkat dari bauran promosi tersebut menurut para ahli adalah sebagai berikut. Perangkat bauran promosi yang kita kenal mencakup aktivitas :
Periklanan (Advertising)
Penjualan perorangan (personal selling)
Promosi penjualan (promotion selling)
Hubungan masyarakat (public relation)
Informasi dari mulut ke mulut (word of mouth)
Pemasaran langsung (direct marketing)
Lupiyoadi (2011:120).
Untuk dapat mengkomunikasikan jasanya kepada pendengar Program Off Air English Service Program (ESP) di RRI Pro 2 FM Bandung  melakukan promosi dengan menggunakan bauran promosi / (promotion mix). Menurut Kotler & Amstrong (2008:166) bauran promosi disebut juga bauran komunikasi pemasaran ( Marketing Communication Mix) dimana dengan bauran promosi perusahaan dapat mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan dengan pelanggan.
Menurut Kotler & Keller (2009:175) (Marketing Communication Mix) Bauran promosi terdiri dari delapan alat utama yakni:
Iklan : semua bentuk terbayar dari presentasi  nonpersonal dan promosi ide, barang atau jasa melalui sponsor yang jelas.
Promosi penjualan berbagai insentif jangka pendek untuk mendorong percobaan atau pembelian produk atau jasa.
Acara dan pengalaman kegiatan dan program yang disponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.
Hubungan masyarakat dan publisitas, beragam program yang dirancang untuk memperomosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya
Pemasaran langsung penggunaan surat, telepon, faksimile, email atau internet untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau meminta respons atau dialog dari pelanggan dan prospek tertentu.
Pemasaran interaktif kegitan dan program online yang dirancang untuk melibatkan pelanggan atau prospek dan secara langsung atau tidak langsung meningkatkan kesadaran memperbaiki citra atau menciptakan penjualan produk atau jasa
Pemasaran dari mulut ke mulut, komunikasi lisan, tertulis, dan elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman membeli atau menggunakan produk atau jasa.
Penjualan personal interaksi tatap muka dengan satu atau lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi menjawab pernyataan dan pengadaan pesanan.  Kotler (174:2009)

Program Off Air English Service Program (ESP) di RRI Pro2 FM Bandung  mempertimbangkan beberapa faktor dalam mengembangkan bauran promosinya, seperti jenis pendengar, kesiapan pendengar, dan tahap dalam siklus hidup program Off Air English Service Program
Menurut Kotler,(2009:192) ada tiga faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun bauran promosi atau bauran Komunikasi pemasaran antara lain :

Jenis Pasar Produk (Type of product market)
Tahap Kesiapan Pembeli (Buyer Readiness Stage)
Tahap Siklus Kehidupan (Product Life Cycle Stage)

Semoga Bermanfaat
Indra Dermawan.S.Sos., M.A.B.

Postingan Populer