Mari Menyukai Bisnis

 Mari Berbisnis, saat ini perkembangan bisnis semakin marak dan semakin digemari dewasa ini, disunahkan oleh Rasulullah SAW. Selain sunnah yang dicontohkan, bila kita ingin menjadi orang yang berpenghasilan tanpa batas lakukanlah bisnis. Dan saat ini Bsnis merupakan suatu wanita cantik yang menjelma menjadi suatu hal yang banyak dicari oleh orang kebanyakan oleh karenanya memerlukan pengolahan Bisnis dengan professional.Apa sebenernya pengertian dari bisnis mari kita lihat pengertian di bawah ini. Menurut para ahli 

ØBisnis adalah aktivitas yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang atau perusahaan dalam bentuk jasa atau barang untuk memperoleh laba.

ØBisnis merupakan suatu yang diciptakan untuk menghasilkan produk barang dan jasa kepada pelanggan (jeff Madura,2001)

ØBusiness is an organization that provides goods or services in order to earn profil. Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan (Griffin & Ebert,1996)

ØBisnis merupakan sekumpulan aktivitas yang dilakukan untuk menciptakan uang dengan mengembangkan dan mentransformasikan berbagai sumber daya menjadi barang dan jasa yang diinginkan konsumen (Allan Afuah,2004)

ØHugnes dan Kapoor dalam Kustono (2010) business is the organized effort of individuals to produce and all a profit, the goods services that satisfy society needs. The general term business refers to all such effort within a industry. Bisnis merupakan suatu kegiatan usaha individu yang diorganisasi untuk menghasilkan atau menjual barang dan jasa guna mendapat keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat

ØPERKEMBANGAN BISNIS ? Secara terminology bisnis merupakan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok. Oleh karenanya kegiatan bisnis sebenarnya telah muncul sejak jaman dahulu , hanya saja sangat tertutup, dilakukan dalam lingkungan yang terbatas, seperti keluarga, kelompok masyarakat maupun kelompok tertentu. Masyarakat zaman dahulu hidup secara agraris (pertanian) dengan alat sederhana belum memikirkan usaha yang bersifat komersial, kredit modal, dan lain sebagainya.

ØDari Jaman Nenek Moyang Bisnis Sudah Dilakukan

ØRevolusi industry yang terjadi pada abad 18 menyebabkan terjadinya perubahan pada berbagai hal. Revolusi industry diawali dengan penemuan mesin uap oleh james watt pada tahun 1769 menghasilkan industry manufaktur yang menggeser sektor pertanian sebagai penggerak ekonomi.Perubahan mendasar akibat revolusi industry juga terjadi pada sektor produksi, dimana buruh dan tenaga kerja mulai menerima upah sebagai imbalan atas tenaganya yang merupakan pendapatan bagi keluarga. Binis sendiri sudah dilakukan sejak jaman nenek moyang dimana pada saat dahulu kala berlaku barter pertukaran barang yang dilakukan oleh nenek moyang kita berdasarkan dari analisa ini dapat dikatakan bahwa ketika Darwin mengatakan mengenai teori evolusi manusia berarti manusia pertama kali yang ada di muka bumi ini adalah manusia kera yang selanjutnya berevolusi menjadi manusia sempurna.

ØPerjalanan ke Amerika yang dijelajahi oleh Christoper Colombus, Vasco da Gama dan Amerigo Vespucci para raja dan pedagang Eropa sangat ingin menjelajahi Jalur Barat Laut, sebuah jalur yang di desas desuskan akan memberikan mereka akses menuju kekayaan Asia dengan melewati lautan Artika.  Para peneliti Cina meyakini bahwa rute yang telah di lalui oleh para petualang tersebut dapat menjadi rute perdagangan dunia yang paling penting
Bagi banyak perutean pengantara barang atau kargo jarak antara pelabuhan Eropa Barat dan Pelabuhan Asia Timur dapat dipangkas hingga sepertiganya dengan menggunakan Jalur Barat Laut atau Rute Laut Utara.

Pihak – pihak yang menyediakan dana sehingga kegiatan operasional dan aktivitas organisasi dapat berjalan dengan lancar.

> Pemilik modal

> Manajer
Orang – orang yang memiliki tanggung jawab untuk menjalankan dan mengelola organisasi bisnis sehingga akan mencapai tujuan yang direncanakan oleh pemilik modal.
 
> Tenaga kerja
Merupakan pengelola proses produksi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk yang berkualitas.
 
> Konsumen
Konsumen merupakan pengguna produk yang dihasilkan oleh organisasi bisnis. Konsumen merupakan kelompok potensial yang akan menggunakan produk atauun jasa yang ditawarkan oleh organisasi bisnis.
Organisasi bisnis terbatas pada lingkungan local dan belum memasarkan ke luar negri sehingga masih terbatas dalam satu negara.
 
Seiring perkembangan usaha dan mulai jenuhnya pasar domestik sebagai akibat ketatnya persaingan, organisasi bisnis dapat memperluas pangsa pasar ke negara lain yaitu memasuki pasar internasional.

Perusahaan internasional yang membangun pabrik diluar negri akan memasuki fase perusahaan multinasional jika dia memiliki sejumlah pabrik di berbaga negara yang berbeda. Tujuannya untuk memaksimalkan perpaduan biaya produksi yang murah dengan biaya distribusi yang murah.
 
Seiring dengan banyaknya perusahaan global, maka beberapa perusahaan mulai memilih suatu lokasi pabrik diberbagai negara dan melakukan sinergi antar pabrik untuk memproduksi produk secara efektif, efisien dan fleksibel.
 

Ada beberapa tingkatan partisipasi bisnis dalam lingkungan ekonomi global, yaitu:
1. Domestik
2. Internasional
3. Multinasional
4. Global



Postingan Populer