Destinasi Wisata Ujung Genteng



Indonesia merupakan negara yang kaya yang terdiri dari berbagai macam pulau dan suku bangsa. Angkatan Laut kita bilang Jales Veva Jaya Mahe di laut kita raja di darat kita merajai. Barang siapa menguasai lautan dia akan menguasai dunia.


Mari kita lihat kekayaan laut yang ada di Indonesia. Kita telusuri mulai dari laut yang ada di pulau jawa. Di Ujung pulau jawa kita mempunyai laut selatan dengan nama daerah yang paling ujung dari pulau jawa adalah Ujung Genteng terletak di Kabupaten Sukabumi. Perjalanan yang dapat menempuh jarak waktu 6-7 Jam dari Bandung ini menyimpan potensi yang sangat tinggi terdapat lautan yang sangat indah dan potensi alamnya yang luar biasa kita dapat melihat penangkaran penyu yang sangat langka disana, selain itu ada destinasi air terjun dan tebing panenjoan yang masih asri dan belum banyak tersentuh oleh tangan manusia. Kebetulan Ibunda sedang merayakan Hari Ulang Tahunnya jadilah kami sekeluarga besar berkunjung ke Ujung Genteng.

Ujung Genteng adalah kawasan wisata pantai di Indonesia yang terletak di semenanjung barat daya Pulau Jawa dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Wilayah Ujung Genteng masuk ke dalam kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Pantai di Ujung Genteng memiliki karakteristik khas pantai di selatan Pulau Jawa, yaitu air jernih. Ujung Genteng merupakan surganya wisata bagi para wisatawan yang ingin menikmati variasi keindahan alam mulai dari Pantai, Konservasi,air terjun, Alam, Budaya, Geopark dan masih banyak objek wisata yang bias di dapatkan, tidak menutup kemungkinan bagi para pelancong untuk ingin tinggal lama di lokasi wisata ini karena saat anda mengunjungi lokasi wisata tidak hanya pantai yang akan di dapat.

Untuk mencapai ujung Genteng dari Bandung kita dapat menggunakan transportasi darat dengan melalui Jalan TOl PURBALENYI keluar di Exit TOL Padalarang dengan dikenakan tarif Rp. 3500. Kita akan melewati kota cianjur yang terkenal dengan makanan khasnya moci yang ditempuh dengan jarak waktu 2 jam untuk sampai ke kota sukabumi. Dari perbatasan Cianjur sukabumi menuju pelabuhan ratu akan memakan waktu kurang lebih 2 jam dilanjutkan sampai dengan surade dan Ujung Genteng yang memakan waktu 3 jam . Setelah melewati perjalanan yang panjang dan berliku-liku kita akan menemukan pemandangan indah yang tiada tara yang jarang kita temui di daerah perkotaan.

Melengkapi sarana wisata tersebut Telah banyak Hotel dan penginapan-penginapan untuk para wisatawan dilengkapi dengan fasilitas yang cukup untuk memenuhi kenyamanan wisata anda saat beristirahat, menjadikan anda semakin menikmati liburan. Tentu anda juga ingin ber kuliner yang berbeda dan sangat menarik bagi anda, hal yang beda anda akan rasakan salah satunya turtle hotel. Terimakasih turtle hotel yang telah memberikan pelayanan yang terbaik untuk keluarga kami disana, untuk merayakan ulang tahun ibunda tercinta rasanya memang belum bisa terbayarkan apabila hanya menginap 1 sampai dengan 2 hari disana karena belum bisa mengeksplorasi kekayaan disana secara keseluruhan, tetapi kami sudah cukup puas dengan melanjutkan perjalanan selanjutnya ke Pelabuhan Ratu yang menyuguhkan pemandangan dan kuliner laut yang luar biasa.

Kawasan wisata Ujung Genteng terkenal dengan cagar alam penangkaran penyu (Chelonia mydas) yang berlokasi di Pantai Pangumbahan. Tempat ini dibuka untuk umum pada pagi dan siang hari, namun dijaga ketat oleh petugas dari Kementerian Kelautan dan Perikanan di malam hari. Bulan November adalah puncak kedatangan penyu untuk bertelur di area ini yang dapat mencapai 30 ekor per malamnya. Telur penyu yang dihasilkan mencapai 100 butir dan segera dilindungi oleh petugas dari pencurian maupun predator. Tukik atau bayi penyu yang baru menetas segera dikembalikan ke Pantai Pangumbahan.Selamat berkunjung ke Ujung Genteng dan menikmati destinasi wisata konservasi penyunya. Indra.Dermawan.S.Sos.,M.AB.

Postingan Populer