SEANDAINYA SAYA MENJADI TENAGA PENDAMPING PENGEMBANGAN PERMUKIMAN 2016

Apabila saya diberikan kesempatan untuk menjadi tenaga pendamping pengembangan permukiman transmigasi tahun 2016 berdasarkan kebutuhan yang dibutuhkan saya siap ditempatkan dimana saja. Sesuai dengan keahlian bidang saya di Ilmu Administrasi Bisnis yang mempelajari mengenai bidang administrasi, tulis menulis dan pengembangan ilmu bisnis atau perdagangan. Dalam pengembangan kewilayahannya apabila nanti saya diterima sebagai tenaga pendamping saya akan memberikan keilmuan perdagangan atau membuka bisnis baru di lahan yang baru sebagai contoh saya akan memberikan penyuluhan mengenai bagaimana caranya membuka lahan usaha yang baru dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Pada suatu daerah yang baru tentun belum begitu banyak peluang yang ada, tentu haruslah membuka peluang dengan memanfaatkan potensi daerah tersebut. Apabila didaerah pantai maka diperlukannya koperasi perikanan yang memanfaatkan potensi alam tersebut. Dengan adanya perdagangan akan membuka suatu peluang yang baru diluar potensi yang ada, ambil contoh dengan adanya jual beli perikanan maka ada peluang baru dengan membuka toko peralatan nelayan, pembuatan jaring ataupun perbaikan perahu. Bukan itu saja dengan adanya hal tersebut saya akan menjembatani para nelayan untuk saling berbagi ilmu dalam satu kesempatan presentasi bagaimana caranya budi daya ikan atau pun menghasilkan sesuatu bisnis yang baru, dengan adanya perdagangan ikan bukan tidak mungkin akan membuka peluang usaha baru yakni pengadaan alat transportasi ojek sehingga memudahkan para nelayan melakukan proses jual beli dengan mudahnya alat transportasi. Adapun pengadaan kendaraannya dapat menggunakan fasilitas dari koperasi sehingga memudahkan nelayan untuk mendapatkan kredit kendaraan roda dua dari dealer untuk memenuhi persyaratan kreditnya.manfaat koperasi yang begitu besar dimana dengan adanya koperasi para nelayan dapat meningkatkan standar sosial ekonomi di daerah dengan memanfaatkan potensi dan penyerapan tenaga kerja selain itu bermanfaat langsung karena sesuai dengan kehidupan masyarakat pedesaan dan perekonomi pedesaan bisa tumbuh dengan pesat. Setelah hal tersebut berjalan di daerah tersebut dapat dikembangkan kembali bisnis-bisnis baru seperti bengkel, cuci motor, dengan memanfaatkan semua potensi yang ada setelah berkembangnya perekonomian di daerah tersebut. Sehingga perekonomian akan berkembang dengan pesat. Langkah awalnya memang tidaklah mudah dibutuhkan perjuangan dan pemikiran yang cukup matang agar perekonomian tersebut terus berkembang, semua bisa dilakukan dengan membuat suatu kelembagaan di desa tersebut. Selain itu memanfaatkan potensi yang ada di suatu daerah ambil contoh aceh barat yang mempunyai potensi alam wisata alam pulau gosong sangkalan, taman wisata cemara indah, wisata pantai ujong manggeng dan objek wisata lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat perekonomian suatu daerah dengan memperkenalkan wisata bahari akan menambah pemasukan devisa suatu daerah tersebut, adapun yang akan saya lakukan dengan objek-objek wisata tersebut saya akan memperkenalkan objek wisata tersebut ke blog pribadi saya melalui internet ataupun ke sosial media yang saya miliki dengan demikian akan banyak wisatawan yang datang ke daerah tersebut, dengan keahlian saya menulis di blog juga keahlian photography yang saya miliki saya akan mengabadikan objek-objek yang ada dan saya tuangkan dalam bentuk tulisan juga dalam bentuk poto. Dengan demikian potensi alam yang ada di daerah tersebut akan berkembang. Bekerjasama dengan dinas pariwisata untuk memperkenalkan daerah tersebut dan menjadikannya pemasukan untuk peningkatan perekonomian adapun yang dapat dilakukan oleh transmigran pada daerah tersebut yakni dengan menjadi among tamu atau pendamping wisatawan, menyediakan alat transportasi, ataupun memberikan keahlian lain kepada masyarakat untuk dapat mengikat wisatawan baik lokal ataupun internasional untuk datang ke tempat tersebut. Apabila tempat wisata tersebut telah berkembang dan mendapatkan kunjungan dari pihak luar saya akan menggali potensi masyarakatnya untuk dapat membuat suatu kerajinan khas yang dimiliki masyarakat sekitar yang kemudian dapat diperjualbelikan pada masyarakat sendiri ataupun kepada wisatawan yang datang. Dan diperkenalkan kepada masyarakat luas dengan menggunakan media blog gratis misalnya. Adapun blog pribadi saya adalah http://www.perjalananhidupindradermawan.blogspot.com . selain itu saya pun aktif di media sosial Facebook : leendradermawan@yahoo.com ataupun twitter : @leendradermawan juga instagram dengan alamat Ig : @indradermawanssos. Demikian yang dapat saya lakukan apabila saya dapat diterima sebagai tenaga pendamping transmigrasi. Adapun keahlian lain yang dapat saya lakukan selain keahlian yang didapatkan di bangku kuliah adalah sebagai berikut : 1. Komputer Program Microsoft 2. Internet 3. Photography 4. Tulis menulis blog 5. Presentasi Penulis, Indra Dermawan.S.Sos.,M.AB (085315182222/083821010438)

Postingan Populer