Kita Hidup Memerlukan Strategi

Dalam menghadapi segala permasalahan hidup yang terjadi saat ini mungkin entah permasalahan Pribadi Permasalahan umum yang tengah dihadapi oleh semua orang tidaklah mudah begitu saja untuk dapat menyelesaikannya ambil contoh permasalahan UU Pilkada yang sedang terjadi dan tengah jadi polemik dan permasalahan sebagian orang menginginkan pemilihan langsung, sebagian orang menginginkan dipilihkan oleh wakil rakyat dengan alasan bahwa mereka adalah wakil rakyat yang bisa mewakili suara rakyat kebanyakan karena hasil dari pemilihan apakah ini masalah ya? bagaimana solusinya tentunya memerlukan cara, memerlukan trik memerlukan sebuah satu penyelesaian bagaimana caranya nah inilah yang dinamakan strategi, kadangkala strategi dinamakan suatu taktik yang sering dipergunakan oleh militer, secara umum pengertian strategi adalah sebagai berikut :

Strategi diibaratkan sebagai sebuah peta jalan yang dapat menunjukan arah yang paling tepat pada saat itu untuk mencapai tujuan (Sondang P Siagian), Strategi adalah sarana bersama dengan tujuan jangka panjang yang hendak dicapai. Strategi bisnis mencakup ekspansi geografis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengetatan, divestasi, likuidasi, dan usaha patungan atau joint venture.(Fred R David 2010: 18).Strategi selalu menarik untuk dibahas untuk dijadikan bahan kajian seperti yang diungkapkan oleh Sondang P Siagian strategi itu ibaratkan sebuah peta jalan yang menunjukan arah yang paling tepat pada saat itu untuk mencapai tujuan apabila tidak ada peta jalan yang menunjukan arah kemana akan pergi akan tersesat kita, adapun tujuan yang akan dicapai. strategis dapat didefinisikan sebagai seni dan pengetahuan dalam merumuskan, mengimplementasikan, serta mengevaluasi keputusan keputusan lintas ferungsional yang memampukan sebuah organisasi mencpai tujuannya (Fred R David 2010: 5). Proses manajemen strategis sendiri terdiri dari tiga tahap yakni perumusan, penerapan strategis dan penilaian strategis, perumusan itu mencakup pengembangan visi dan misi, identifikasi peluang dan ancaman eksternal suatu organisasi, kesadaran akan kekuatan dan kelemahan internal penetapan tujuan jangka panjang, pencarian strategi strategi alternative dan pemilihan strategi tertentu untuk mencapai tujuan. Jika kita tahu dimana kita berada dan bagaimana kita sampai disana kita mungkin dapat melihat kemana kita mengarah dan jika hasil akhir yang menanti kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan membuat perubahan pada waktunya Abraham Lincoln yang dikutip oleh Fred R. David (2010 : 2).

“Strategic management is a stream of the decision and actions which leads to the development of an affective strategy or strategies to help achieve objectives the strategy management process is the way in which strategic determine objectives and make strategic decisions”-Thomas L Wheelen –J David Hunger-

Warisan militer yang kuat mendasari kajian manajemen strategis. Istilah istilah seperti tujuan, misi, kekuatan, dan kelemahan, pertamakali dirumuskan untuk menghadapi berbagai persoalan di medan pertempuran. Menurut Webster New Wold Dictionary  yang menyebutkan bahwa strategi adalah ilmu perencanaan dan pengarahan operasi militer bersekala besar, ilmu bagaimana manuver kekuatan ke dalam posisi yang paling menguntungkan sebelum benar-benar berhadapan dengan musuh. Kata strategi berasal dari bahasa yunani strategos yang merujuk pada jenderal militer dan menyatukan stratos (pasukan) dan ago (memimpin) dan kita pun harus tau siapa yang memimpin untuk menentukan strategi mana yang ingin digunakan untuk mencapai tujuan karena inti dari strategi adalah mencapai tujuan dengan segala bentuk analisis dan cara

Dalam hal pemilihan strategi atau cara yang ingin dicapai mari kita pecah permasalahan Pilkada yang sedang terjadi dari sudut pandang masyarakat tentunya kita menginginkan pemilihan langsung dengan dalih bahwa kita memiliki hak suara dan berhak untuk menentukan pilihan hati suara kita, sedangkan dari sudut wakil rakyat saat ini mereka melakukan efisiensi biaya waktu dan lain sesbagainya sebagai dalih untuk penghematan,jadi dilihat dari sudut pandang ini yang paling bijak menurut saya adalah lihat goal yang ingin dicapai terlebih dahulu mana goalnya yang ingin dituju oleh negara ini apakah ingin menyuarakan hati rakyat atau ingin melakukan penghematan apabila memang ingin menyuarakan hati rakyat seharusnya memang wakil rakyat juga bisa memfasilitasi keinginan rakyat untuk pemilihan langsung, karena rakyat hanya ingin menyampaikan aspirasinya. itu saja mudah dan simple.

Balik lagi ke Strategi menghadapi sekelimut kehidupan dan permasalahan kehidupan memang baiknya kita tidak lantas jadi patah arang dan menjadi putus asa karena semua permasalahan yang terjadi tentu ada solusinya, Allah tidak semata mata memberikan cobaan yang tidak bisa ditanggung oleh umatnya. pilih jalan yang termudah tentukan goal yang ingin dicapai. lakukan analisis SWOT Strenght, Weakness,  Opportunity, dan Treath, untuk menentukan jawaban apa yang paling tepat untuk permasalahan yang sedang terjadi. begitu juga dengan permasalahan umum lainnya, jadi strategi itu tidak hanya dilakukan oleh militer saja dengan taktik untuk menyerang musuh kita pun bisa melakukan strategi. 

Semoga  bermanfaat dan tetap optimis # ID # Coretan Solusi 1 Oktober 2014

Postingan Populer