Ilmu Administrasi


Prof. Dr. H. Budiman Rusli MS.

Dasar-Dasar Ilmu Administrasi

Rangkuman Kuliah

·         Administrasi Membuat segala urusan terselenggara dan terselesaikan dengan baik

·         Hukum Membuat tidak ada pihak yang dirugikan oleh perbuatan atau sikap pihak lain dalam kehidupan bermasyarakat

Administrasi secara Etimologis

Administrasi is the universal process of efficienty getting activities completed with and through other people = administrasi adalah keseluruhan proses dari aktivitas aktivitas pencapaian tujuan secara efisien dengan dan melalui orang lain (Stephen P Robbins)

Administration is the process common to all groups effort , public or private , civil or military , large scale or small scale= Administrasi adalah proses yang umumnya dijumpai di semua kegiatan kelompok , baik publik maupun privat, sipil atau militer dalam ukuran besar maupun kecil (Leonard D White)

Administrasi dapat didefinisikan sebagai mengorganisasi dan menggerakan sumber daya manusia dan material untuk mencapai tujuan yang diinginkan

Administrasi adalah proses perencanaan , pengorganisasian , penaksiran dan pengawasan suatu perusahaan / organisasi

Administrasi Secara Sempit

Meliputi pekerjaan tata usaha yang mencatat segala sesuatu yang terjadi dalam organisasi sebagai informasi bagi pimpinan

Pembagian kerjasama harus dengan pembagian tugas karena, setiap orang memiliki skill yang berbeda, orang yang sama tidak mungkin berada di tempat yang berbeda pada saat yang sama , pengetahuan manusia terbatas(Luther Gullick) , oleh karena itu diperlukannya pembagian tugas untuk pencapaian tujuan.  

Dimensi 2 Ilmu Administrasi

Menurut Miftah Toha , The Liang Gie

1.       Organisasi

2.       Manajemen

3.       Komunikasi

4.       Kepegawaian

5.       Keuangan

6.       Pembekalan

7.       Tata Usaha

8.       Hubungan Masyrakat

Postingan Populer