Ilmu Administrasi
Prof. Dr. H.
Budiman Rusli MS.
Dasar-Dasar Ilmu
Administrasi
Rangkuman Kuliah
·
Administrasi
Membuat segala urusan terselenggara dan terselesaikan dengan baik
·
Hukum
Membuat tidak ada pihak yang dirugikan oleh perbuatan atau sikap pihak lain
dalam kehidupan bermasyarakat
Administrasi secara Etimologis
Administrasi is
the universal process of efficienty getting activities completed with and
through other people = administrasi adalah keseluruhan proses dari aktivitas
aktivitas pencapaian tujuan secara efisien dengan dan melalui orang lain
(Stephen P Robbins)
Administration is
the process common to all groups effort , public or private , civil or military
, large scale or small scale= Administrasi adalah proses yang umumnya dijumpai
di semua kegiatan kelompok , baik publik maupun privat, sipil atau militer
dalam ukuran besar maupun kecil (Leonard D White)
Administrasi
dapat didefinisikan sebagai mengorganisasi dan menggerakan sumber daya manusia
dan material untuk mencapai tujuan yang diinginkan
Administrasi
adalah proses perencanaan , pengorganisasian , penaksiran dan pengawasan suatu
perusahaan / organisasi
Administrasi Secara Sempit
Meliputi
pekerjaan tata usaha yang mencatat segala sesuatu yang terjadi dalam organisasi
sebagai informasi bagi pimpinan
Pembagian kerjasama harus dengan pembagian tugas
karena, setiap orang memiliki skill yang berbeda, orang yang sama tidak mungkin
berada di tempat yang berbeda pada saat yang sama , pengetahuan manusia
terbatas(Luther Gullick) , oleh karena itu diperlukannya pembagian tugas untuk
pencapaian tujuan.
Dimensi 2 Ilmu Administrasi
Menurut Miftah Toha , The Liang Gie
1.
Organisasi
2.
Manajemen
3.
Komunikasi
4.
Kepegawaian
5.
Keuangan
6.
Pembekalan
7.
Tata
Usaha
8.
Hubungan
Masyrakat